Kamis, 18 Desember 2008

Pementasan Desember Gift


Saturday Acting Club (SAC) adalah kelompok kajian acting yang semula bernama Saturday Acting Class dan telah dimulai sejak tahun 2002. kelompok ini merupakan sekumpulan orang-orang yang bergelut diwilayah keilmuan teater dan secara khusus berkonsentrasi pada kajian acting serta mengeksplorasi segala gaya acting dari berbagai --isme yang tidak terbatas.
Kemudian pada tahun 2006, disebabkan kebutuhan mengeksplorasi bentuk-bentuk kajian, maka SAC memutuskan mulai mengekspresikan hasil tersebut dalam bentuk pementasan teater. Maka disepakatilah untuk mengganti class menjadi club. Nama Saturday diambil karena kegiatan regulernya yang mengambil hari sabtu sebagai hari pertemuan.
Keanggotaan SAC sendiri terdiri dari civitas akademika Institut Seni Indonesia dan orang-orang dari luar institut yang mempunyai concern yang sama dan tidak terbatas pada orang-orang yang mempunyai disiplin ilmu teater. Sampai hari ini SAC mempunyai anggota tetap tidak kurang dari 25 personil.
Berdasarkan sebuah kesadaran bahwa pisau tafsir harus diwujudkan dalam kenyataan tafsir, maka sepanjang tahun 2007 dan2008, SAC telah menjalin kerja sama dengan sebuah arena kesenian public, yaitu Kedai Kebun Forum (KKF ) Yogyakarta, yang bersedia menjadi fasilitator kegiatan.
Pada tanggal 28-29 Desember 2008 SAC akan mementaskan pertunjukan teater dengan judul Desember Gift di Kedai Kebun Forum. Ini merupakan agenda pentas ketiga SAC dalam tahun ini, setelah Lithuania karya Rupert Brook yang dipentaskan di Gelanggang Mahasiswa UGM dan Pendopo Teater Garasi maret lalu, Holocaust Rising karya Rukman Rosadi yang dipentaskan di Taman Budaya Yogyakarta pada bulan Oktober.
Pementasan Desember Gift kali ini merupakan bentuk yang dihasilkan dari eksplorasi emosi dan suasana yang ada di dekat manusia. Cinta, persahabatan, dengeng, hujan, dejavu adalah beberapa ide yang mendasari plot dalam pementasan Desember Gift. Semua diolah oleh aktor-aktor dalam gaya akting dari berbagai –isme(aliran).SAC sebagai club actor mencoba menawarkan kepada penonton berbagai keterampilan acting dari proses eksplorasi tubuh, pikiran, rasa dan suara.
Desember Gift disutradari oleh Rossa R. Rosadi sebagai actornya adalah Jamal Adul Nasser, Ratna Aniswati, Intan Kumalasari, Nanik Endarti, Heni Susanti, Moh. Djunaedi Lubis, Wheni Puspitaningrum, Anisa Nuraini. Penata Musik: Dadush Bogoes, Penata Lampu: Nugoro Pamungkas dan Penata Artistik: Dhani Brain.

Tidak ada komentar: